Get IP, Get Name, IP to Name, NSLOOKUP dan Aplikasi Client-Server Pada Bahasa Pemrograman JAVA

Hallo semua 😀
Kali ini saya akan membuat dan menjelaskan mengenai istilah-istilah diatas yakni yang tertera pada judul halaman kali ini, yang tentunya berkaitan dengan dunia jaringan. Penulisan blog kali ini berdasarkan Tugas Mata Kuliah Pemrograman Jaringan.

Baiklah langsung saja, mulai dibawah ini. Check this Out 😀

A. Get IP

Ringkasan

Get IP yang dimaksudkan ialah cara digunakan untuk mendapatkan suatu alamat IP Address pada komputer pribadi kita. Pada cara mendapatkan IP disini, kita akan menggunakan bahasa pemrograman Java. Berikut langkahnya, pertama kita dapat menuliskan listing program dibawah ini menggunakan notepad++ kemudian dapat kita simpan file tersebut sesuai dengan nama class yang kita tulis pada listing program tadi, disini kita namakan file tersebut getip.java Kemudian dapat kita jalankan pada command prompt.

Listing Program :

import java.net.*;
public class getip {
          public static void main(String args[]) throws Exception {
          InetAddress host = null;
          host = InetAddress.getLocalHost();
          byte ip[] = host.getAddress();
                 for (int i=0; i<ip.length; i++) {
                     if (i > 0) {
                     System.out.print(“.”);
                     }
                 System.out.print(ip[i] & 0xff);
                 }
          System.out.println();
          }
}

 

Logika Program :

Baris pertama listing diatas yakni menjelaskan import package pada library java.net. Kemudian pemberian nama class yang sesuai dengan nama file nantinya yang akan disimpan getip. Pendeklarasian variable pada class tersebut yakni InetAddress host yang bernilai null. Berikutnya host akan didapat dari nilai InetAddress.getLocalHost(); dan byte ip[] akan didapat dari nilai host.getAddress();

Pada listing diatas menggunakan perulangan, dimana program akan dijalankan Jika kondisi bernilai benar saat variabel i bernilai 0, dan nilai variabel i lebih kecil dari IP maka nilai i akan bertambah. Terakhir  penutup listing program dengan system.out.println().

Output Program :

GETIP

 

B. Get Name

Ringkasan

Get Name yang dimaksudkan ialah cara digunakan untuk mendapatkan nama komputer pada pc seorang user. Pada cara mendapatkan Nama Komputer disini, kita akan menggunakan bahasa pemrograman Java. Berikut langkahnya, pertama kita dapat menuliskan listing program dibawah ini menggunakan notepad++ kemudian dapat kita simpan file tersebut sesuai dengan nama class yang kita tulis pada listing program tadi, disini kita namakan file tersebut getname.java Kemudian dapat kita jalankan pada command prompt.

Listing Program :

import java.net.*;
public class getname {
          public static void main(String args[]) throws Exception {
          InetAddress host = null;
          host = InetAddress.getLocalHost();
          System.out.println(“Nama komputer Anda: ” +
          host.getHostName());
         }
}
Logika Program :
Baris pertama listing diatas yakni menjelaskan import package pada library java.net. Kemudian pemberian nama class yang sesuai dengan nama file nantinya yang akan disimpan getname. Pendeklarasian variable pada class tersebut yakni InetAddress host yang bernilai null. Berikutnya host akan didapat dari nilai InetAddress.getLocalHost(); kemudian program akan mencetak nama komputer anda dan akan memanggil variable yang telah dideklarasikan sebelumnya.
Output Program :
GETNAME
C. IP to Name
Ringkasan
IP to Name yang dimaksudkan ialah cara digunakan untuk mendapatkan nama komputer pada pc seorang user dari IP Address komputer tersebut. Pada cara mendapatkan Nama Komputer disini, kita akan menggunakan bahasa pemrograman Java. Berikut langkahnya, pertama kita dapat menuliskan listing program dibawah ini menggunakan notepad++ kemudian dapat kita simpan file tersebut sesuai dengan nama class yang kita tulis pada listing program tadi, disini kita namakan file tersebut IPtoName.java Kemudian dapat kita jalankan pada command prompt.
Listing Program :
import java.net.*;
public class IPtoName {
public static void main(String args[]) {
if (args.length == 0) {
System.out.println(“Pemakaian: java IPtoName <IP address>”);
System.exit(0);
}
String host = args[0];
InetAddress address = null;
try {
address = InetAddress.getByName(host);
} catch (UnknownHostException e) {
System.out.println(“invalid IP – malformed IP”);
System.exit(0);
}
System.out.println(address.getHostName());
}
}
Logika Program :
Baris pertama listing diatas yakni menjelaskan import package pada library java.net. Kemudian pemberian nama class yang sesuai dengan nama file nantinya yang akan disimpan IPtoName. Kemudian pada listing program diatas yakni menggunakan percabangan if dimana jika kondisi panjang string host sama dengan 0 bernilai true maka cetak nama pemakai dan IPtoName, tetapi jika kondisi bernilai false maka program akan kembali ke semula.
Berikutnya  program akan mendeklarasikan String host bernilai 0 dan InetAddress address bernilai null. Lalu terdapat perintah try dan catch yang berfungsi jika terdapat kesalahan maka program akan mencetak Invalid IP – malformed IP dan program akan keluar atau dimatikan. Namun jika tidak ditemukan kesalahan maka program akan mencetak nama komputer user.
Output Program :
IPTONAME
D. NSLookUP
Ringkasan
NSLookUp yang dimaksudkan ialah cara digunakan untuk bagaimana cara mendapatkan  IP dengan HostName (NsLook). Pada cara mendapatkan IP dengan HostName disini, kita akan menggunakan bahasa pemrograman Java. Berikut langkahnya, pertama kita dapat menuliskan listing program dibawah ini menggunakan notepad++ kemudian dapat kita simpan file tersebut sesuai dengan nama class yang kita tulis pada listing program tadi, disini kita namakan file tersebut NsLookup.java Kemudian dapat kita jalankan pada command prompt.
Listing Program :
import java.net.*;
public class NsLookup {
public static void main(String args[]) {
if (args.length == 0) {
System.out.println(“Pemakaian: <namahost>”);
System.exit(0);
}
String host = args[0];
InetAddress address = null;
try {
address = InetAddress.getByName(host);
} catch(UnknownHostException e) {
System.out.println(“Unknown host”);
System.exit(0);
}
byte[] ip = address.getAddress();
for (int i=0; i<ip.length; i++) {
if (i > 0) System.out.print(“.”);
System.out.print((ip[i]) & 0xff);
}
System.out.println();
}
}
Logika Program :
Baris pertama listing diatas yakni menjelaskan import package pada library java.net. Kemudian pemberian nama class yang sesuai dengan nama file nantinya yang akan disimpan NsLookup. Program disini menggunakan percabangan if dan menggunakan perulangan for, yang kemudian pada program utama ini akan mencetak Pemakai : Java NsLookup hostname, lalu program akan mendeklarasikan String host adalah 0 dan InetAddress address bernilai null dan apabila kondisi telah terpenuhi maka program akan keluar sedangkan apabila kemudian host tidak dikenal maka akan tampil Unknown host.
Selanjutnya untuk bagian listing byte ip nilainya didapat dari address lalu apabila i > 0 dan i kurang dari nilai ip nya maka nilai i akan bertambah dan program akan mencetak kosong. Terakhir program akan diakhiri dengan system.out.println().
Output Program :
NSLOOKUP
E. Aplikasi Client-Server
Ringkasan
Aplikasi Client-Server yang dimaksudkan ialah cara digunakan untuk bagaimana membuat suatu aplikasi yang akan menghubungkan antara client dengan server. Pada cara membuat aplikasi  disini, kita akan menggunakan bahasa pemrograman Java. Berikut langkahnya, pertama kita dapat menuliskan listing program dibawah ini menggunakan notepad++ kemudian dapat kita simpan file tersebut sesuai dengan nama class yang kita tulis pada listing program tadi, disini kita namakan file tersebut simpleServer.java dan simpleClient.java disini kita akan membuat dua source file yang akan dijalankan.
dimana apabila program telah dijalankan maka server dapat menerima pesan yang telah dikirimkan dari client. Kemudian dapat kita jalankan pada command prompt.
Listing Program : “simpleServer”
import java.io.*;
import java.net.*;
public class simpleServer {
public final static int TESTPORT = 5000;
public static void main(String args[]) {
ServerSocket checkServer = null;
String line;
BufferedReader is = null;
DataOutputStream os = null;
Socket clientSocket = null;
try {
checkServer = new ServerSocket(TESTPORT);
System.out.println(“Aplikasi Server hidup …”);
} catch (IOException e) {
System.out.println(e);
}
try {
clientSocket = checkServer.accept();
is = new BufferedReader(new
InputStreamReader(clientSocket.getInputStream()));
os = new DataOutputStream(clientSocket.getOutputStream());
} catch (Exception ei) {
ei.printStackTrace();
}
try {
line = is.readLine();
System.out.println(“Terima : ” + line);
if (line.compareTo(“salam”) == 0) {
os.writeBytes(“salam juga”);
} else {
os.writeBytes(“Maaf, saya tidak mengerti”);
}
} catch (IOException e) {
System.out.println(e);
}

try {
os.close();
is.close();
clientSocket.close();
} catch (IOException ic) {
ic.printStackTrace();
}
}

}
Listing Program : “simpleClient”
import java.io.*;
import java.net.*;
public class simpleClient {
public final static int REMOTE_PORT = 5000;
public static void main(String args[]) throws Exception {
Socket cl = null;
BufferedReader is = null;
DataOutputStream os = null;
BufferedReader stdin = new BufferedReader(new
InputStreamReader(System.in));
String userInput = null;
String output = null;
// Membuka koneksi ke server pada port REMOTE_PORT
try {
cl = new Socket(args[0], REMOTE_PORT);
is = new BufferedReader(new
InputStreamReader(cl.getInputStream()));
os = new DataOutputStream(cl.getOutputStream());
} catch(UnknownHostException e1) {
System.out.println(“Unknown Host: ” + e1);
} catch (IOException e2) {
System.out.println(“Erorr io: ” + e2);
}
// Menulis ke server
try {
System.out.print(“Masukkan kata kunci: “);
userInput = stdin.readLine();
os.writeBytes(userInput + “\n”);
} catch (IOException ex) {
System.out.println(“Error writing to server…” + ex);
}
// Menerima tanggapan dari server
try {
output = is.readLine();
System.out.println(“Dari server: ” + output);
} catch (IOException e) {
e.printStackTrace();
}
// close input stream, output stream dan koneksi
try {
is.close();
os.close();
cl.close();
} catch (IOException x) {
System.out.println(“Error writing….” + x);
}
}
}
Logika Program :
Langah pertama yakni jalankan simpleServer.java lalu tunggu beberapa detik hingga muncul tulisan Aplikasi Server hidup.. Lalu running simpleClient.java jika sudah tulis “salam” (string “salam” yang sudah didaftarkan pada server sebagai kata kunci). Maka program antara client-server telah dapat dibuat.
Output Program :
client_server

 

 

 

 

Tinggalkan komentar