Evolusi Komputer

Evolusi Komputer

Halooo 😀

Apa sih pertanyaan dibenak kalian jika mendengar kata komputer? mungkin salah satu hal yang tersirat ialah bagaimana evolusi komputer dari masa ke masa. Kompuer yang kita gunakan era modern saat ini, sangat memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan dengan bantuan komputer, jika disandingkan dengan komputer tempo dulu tentu jauh spesifikasi pendukungnya. Baiklah dengan begitu langsung saja kita simak tulisan dibawah ini.

Berikut bagaimana evolusi komputer.

Check this out😀

Berdasarkan perkembangan teknologi komputer, perkembangannya dapat dibagi menjadi 5 Generasi :
1. Generasi Pertama (1940 – 1959)
2. Generasi Kedua (1959 – 1964)
3. Generasi Ketiga (1964 – 1970)
4. Generasi Keempat (Sejak 1970)
5. Generasi Kelima (Sekarang)

1. Komputer Generasi Pertama
Komputer generasi pertama banyak digunakan untuk tujaun saintifik. Oleh karena ukurannya yang amat besar, ketidaktepatan pemrosesan data dan harganya yang tinggi, banyak yang menganggap komputer akan menjadi alat yang digunakan untuk tujuan saintifik saja selamanya, bukan untuk kegunaan umum.

Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data, sehingga menjadi cepat panas dan mudah terbakar. Oleh karena itu diperlukan beribu-ribu tabung vakum untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer. Selain itu juga memerlukan banyak tenaga elektrik yang dapat menyebabkan gangguan elektrik di kawasan sekitarnya. Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat. Komputer generasi pertama mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

Komponen yang dipergunakan adalah tabung hampa udara (vacuum tube) untuk sirkuitnya.
Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin / assembler.
Ukuran fisik komputer besar sehingga memerlukan ruangan yang luas.
Cepat panas.
Proses kurang cepat.
Memerlukan daya listrik yang besar.
Orientasi pada aplikasi bisnis.

Beberapa contoh komputer generasi pertama :

1. ENIAC ( Electronic Numerical And Calculator )
Dirancang oleh Dr. John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946. Komputer ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep penyimpanan data (stored program concept) yang dikemukakan oleh John Von Neuman

2. EDVAC ( Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
Penggunaan tabung vakum sudah mulai dikurangi dalam perancangan komputer EDVAC ini, dimana proses perhitungan menjadi lebih cepat disbanding ENIAC.

3. EDSAC ( Electronic Delay Storage Automatic Calculator )
Mulai memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.

4. UNIVAC I ( Universal Automatic Calculator)
Dirancang pada tahun 1951 oleh Dr. Mauchly dan Eckert. Komputer ini merupakan komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.

2. Komputer Generasi Kedua

Pada tahun 1948 penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai tahun 1956. Komputer generasi kedua menggunakan komonen-komponen transistor untuk CPU dan inti magnetic untuk memory. Daya tahan transistor diketahui lebih baik karena tidak mudah terbakar jika dibandingkan dengan tabung vakum. Channel data muncul pada di generasi ini, sejalan dengan fitur khusus untuk meningkatkan kecepatan CPU. Cara baru menyimpan ingatan juga diperkenalkan yaitu teras magnetic yang menggunakan besi-besi halus yang dililit oleh litaran elektrik. Keupayaan pemrosesan dan ingatan utama komputer juga bertambah. Komputer pada awalnya digunakan sistem komersial online yang melibatkan komunikasi dan untuk sistem pembagian waktu, dimana pengguna diberi kemampuan hitungan yang menarik melalui terminal. Komputer generasi ini juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini seperti printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi dan program.

IBM membuat supercomputer bernama Stretch dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa pemrograman tingkat tinggi mulai digunakan, seperti Common Business-Oriented Language (COBOL), Formula Transistor (FORTRAN) dan ALGOL. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Pada masa ini berbagai macam karir baru muncul seperti programmer, analyst dan ahli sistem komputer. Industri peranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada kmputer generasi kedua.

Secara umum komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1. Sirkuitnya berupa transistor.
2. Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
3. Kapasitas memori utama sudah cukup besar.
4. Ukuran fisik komputer lebih kecil disbanding komputer generasi pertama.
5. Proses operasi sudah cepat.
6. Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
7. Berorientasi pada bisnis dan teknik.

Komputer Generasi Kedua Diantaranya :

1959. PDP-1
Perusahaan DEC (Didital Equipment Corporation) dengan pendirinya Ken Olsen dengan saudaranya Stan Olsen dan Harlan Anderson mendemonstrasikan komputer PDP-1. Komputer generasi kedua lainnya dikenalkan pada tahun 1959 adalah Honeywell 400.

1961. VIRTUAL MEMORY YANG PERTAMA
Metode virtual memory diusulkan oleh suatu group Di Manchester London dan kira-kira mulai awal tahun 1970 banyak komputer yang menerapkannya.

1963. KOMPUTER MINI KOMERSIAL YANG PERTAMA
Perusahaan DEC mulai menjual komputer mini yaitu PDP-5, kemudian diikuti oleh PDP-8 yang dianggap sebagai kompouter mini yang sukses.

3. Komputer Generasi Ketiga

Generasi ketiga perangkat keras komputer dikarakteristikkan dengan lebih banyaknya sirkuit monolitik dan miniaturisasi (banyaknya komponen elektronik pada chip) untuk CPU. Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tabung vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958.

Integrated Circuit (IC) mulai digunakan pada tahun 1965. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ked lm satu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya komputer menjadi lebih kecil kaarena kompne-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya yaitu pengguanaan Operating System (OS) yang memungkinkan satu komputer melakukan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuak program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Jenis family komputer terkecil, yaitu mikrokomputer muncul dalam generasi ini.Banyak bahasa pemrograman muncul seperti BASIC, Pascal dan PL/1. Diantara bahasa-bahasa tersebut, BASIC menjadi bahasa pemrograman yang paling popular pada mikrokomputer.

Mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1. Komponen yang dipergunakan adalah IC (Integrated Cicuits) yang bebentuk hybrid intgrated circuits dan monolithic intgrated circuits.
2. Peningkatan dari softwarenya.
3. Lebih cepat dan tepat bahkan 10000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
4. Kapasitas memory komputer lebih besar, dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
5. Menggunakan penyimpan luar yang bersifat random access.
6. Penggunaan listrik lebih hemat dibandingkan komputer generasi sebelumnya.
7. Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing.
8. Pengembangan dari alat input-output yang menggunakan visual display terminal yang bisa menampilkan gambar serta grafik.
9. Harga semakin murah dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya.
10. Kemampuan melakukan komunikasi data dari suatu komputer dengan komputer lain.

1964. KOMPUTER GENERASI KETIGA YANG PERTAMA
Pada tanggal 7 April 1964 IBM mengumumkan sebuah komputer yaitu IBM S/360 atau IBM System 360 menggunakan komponen IC.

1969. KOMPUTER MINI 16 BIT PERTAMA
Komputer mini 16 bit pertama dijual pada tahun 1969 dengan nama NOVA yang dikembangkan sejak tahun 1968 oleh perusahaan Data General Corporation.

4. Komputer Generasi Keempat

Komputer generasi keempat dikarakteristikkan dengan memori semikonduktor yang cepat, ukuran kecil dan kebutuhan tenaga yang lebih kecil. Setelah IC, tujuan pengembanagan yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Tahun 1980-an Very large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan utnuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut tentunya meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keandalan komputer.

Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor. Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Sedangkan pada tahun 1980-an video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komuter rumahan yang lebih canggih dan dapat deprogram.

Tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan rumah, kantor dan sekolah. Selanjutnya komputer melanjutkan evolusinya ke ukuran yang lebih kecil, dari desktop computer menjadi laptop dan palmtop (komputer genggam).

Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer maka cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Komputer-komputer mulai dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan mengguanakan perkabelan langsung (LAN) atau kabel telepon sebuah jaringan dapat berkembang menjadi sangat besar.

KOMPUTER GENERASI KEEMPAT YANG PERTAMA
IBM 370 telah menggunakan LSI yang merupakan komputer generasi keempat yang pertama.

1971. MICROPROCESSOR YANG PERTAMA
Ahli-ahli teknik di perusahaan Intel Corporation telah berhasil mengembangkan Chip Mikroprocessor yang disebut dengan 4004. Perusahaan Intel menyebut 4004 sebagai Microprogramable Computer on a Chip.

1974. KOMPUTER MIKRO KOMERSIAL YANG PERTAMA
Perusahaan Micro Instrumentation and Telemetry System (MITS) Corporation memproduksi komputer mikro altair yang dijual komersial pertama dalam bentuk kit seharga $400. Komputer mikro ini menggunakan 8080 microprocessor buatan perusahaan Intel.

1975. KOMPUTER SUPER KOMERSIAL PERTAMA
Komputer Cray-I dikirim ke Los Alamos Laboratories yang merupakan komputer super (supercomputer) komersial yang pertama.

5. Komputer Generasi Kelima

Komputer pada zaman sekarang ini sudah lebih canggih baik dalam segi Kemampuan yang sudah berkembang sangat signifikan, Bentuk yang sudah semakin di sesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan sudah diperlukan di berbagai aspek baik untuk bisnis maupun untuk kepentingan edukasi.

Pada generasi ini komputer sudah mempunyai bentuk umum yaitu terdiri dari :
1. CPU (central processing unit)
2. Monitor baik berupa LCD (liquid crystal digital) maupun CRT (Cathode Ray Tube)
3. Keyboard
4. Mouse

secara umum seperti itulah bentuk komputer pada generasi kelima atau pada masa kini. Namun karena kebutuhan yang dimiliki manusia semakin lama semakin kompleks dan untuk itu dibutuhkan jenis komputer yang sesuai dengan kebutuhan, untuk itu kebanyakan komputer pada generasi kelima ini dikembangkan fokus kepada hardware yang terdapat pada CPU agar bisa menyesuaikan dengan program atau sofware yang dibutuhkan, namun tidak berarti bentuk dari sebuah Pesonal Komputer itu sendiri tidak berkembang banyak juga yang sudah mengeambangkan sebuah personal komputer agar mobilitasnya dapat menyesuaikan kebutuhan kita.

seperti yang dijelaskan diatas perkembangan sebuah komputer pada saat ini menyesuaikan dengan kebutuhan banyak orang tidak seperti dahulu yang hanya dapat digunakan oleh beberapa orang. secara umum perkembangan komputer masa kini dapat di lihat dari berkembangnya komponen mikroprosesornya

berikut perkembangan mikroprosesor yang ada pada saat ini :

Pentium II

Processor utama ini memiliki fitur :
1. Kecepatan yang berkisar antara 233MHz sampai 450MHz (di tahun 1999)
2. Cocok untuk workstations maupun servers
3. Menggunakan single edge contact cartridge, 242 pins
4. Termasuk 512KB level two cache
5. 32KB dari level one cache dibagi menjadi 16KB data dan 16KB instruksi cache

Pentium Pro

Rangkaian Prosessor ini sesuai untuk high-end servers yang membutuhkan sampai 4 processor. Fitur yang dimilikinya :
1. sesuai untuk high end workstations dan servers
2. kecepatannya 150, 166, 180 dan 200MHz
3. dapat diskalakan sampai 4 processors dalam sistem multiprocessor
4. dioptimalkan sampai dapat menjalankan aplikasi 32 bit.
5. 8K/8K data terpisah dan instruksi level one cache

Cerelon Processor

Processor Cerelon didesain untuk pemakaian pasar konsumen di rumahan. Processor ini memiliki fitur :
1. kecepatan berkisar dari 266 sampai 500MHz (di tahun 1999)
2. Mirip dengan Pentium II processor
3. Versi 300 dan 333MHz termasuk 128K dari level two cache
4. level one cache 32K (terdiri dari 16K instruksi dan 16K data)
5. meliputi teknologi MMX

Pentium III Processor

Berdasarkan pada mikro arsitektur P6, merupakan media Intel MMX yang ditingkatkan dengan penyediaan Streaming SIMD Extensions. Diaman terdapat 70 instruksi baru yang memungkinkan penggambaran image tingkat lanjut, grafik 3D, audio dan video, dan pengenalan percakapan. Fitur barunya adalah processor serial number, yaitu suatu nomer elektronik yang ditambahkan ke setiap Processor Pentium III, yang dapat digunakan oleh departement IT untuk manajemen informasi/asset.

Sumber :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s