Main

E-Commerce & E-Business

Halo, senang berjumpa dengan kalian lagi🙂. kali ini saya akan membagikan bagaimana ilmu mengenai dunia perdagangan diera teknologi ini. saya akan membahas mengenai 2 hal. Hal pertama yakni mengenai E-Commerce dan kedua E-Business.

Oke Check this out😀

A. E-Commerce

Pengertian E-Commerce
E-Commerce atau perdagangan elektronik merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online dengan menggunakan internet atau jaringan komputer lainnya. E-Commerce adalah subperangkat dari E-Bisnis yang dapat melibatkan transfer dana elektronik dan pertukaran data elektronik. Contoh nya seperti pembayaran dilakukan secara transfer via ATM yang tersedia.

E comerce

Tujuan Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistim E-Commerce adalah dengan menggunakan E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.

Model-Model E-Commerce di Indonesia

Iklan Baris. Penjual yang menggunakan social media atau forum untuk beriklan, biasanya tidak bisa langsung menyelesaikan transaksi pada website yang bersangkutan. Namun penjual dan pembeli harus berkomunikasi secara langsung untuk bertransaksi. Contoh iklan baris: OLX.co.id (sebelumnya Tokobagus), Berniaga, dan FJB-Kaskus.
Retail, merupakan jenis e-commerce yang dimana semua proses jual-beli dilakukan melalui sistem yang sudah diterapkan oleh situs retail yang bersangkutan. Oleh karena itu, kegiatan jual-beli di retail relatif aman, namun biasanya pilihan produk yang tersedia tidak terlalu banyak, atau hanya fokus ke satu-dua kategori produk. Contoh retail: Berrybenzka, Zalora, dan Lazada.
Marketplace, bisa dianggap sebagai penyedia jasa mall online, namun yang berjualan bukan penyedia website, melainkan anggota-anggota yang mendaftar untuk berjualan di website marketplace yang bersangkutan.

Manfaat Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis

1.Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
2.Menurunkan biaya operasional (operating cost).
3.Melebarkan jangkauan (global reach).
4.Meningkatkan customer loyalty.
5.Meningkatkan supply management.
6.Memperpendek waktu produksi.

Ancaman dalam E-Commerce

1.Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan.
2.Pencurian informasi rahasia yang berharga.
3.Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan.
4.Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak.
5.Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.
6.Kerugian yang tidak terduga.

Kunci Sukses dalam E-Commerce

1.Menyediakan harga kompetitif
2.Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3.Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4.Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5.Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6.Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7.Mempermudah kegiatan perdagangan

B. E-Business

Pengertian E-Business
E-business adalah aktifitas bisnis dengan memanfaatkan jaringan komputer dan internet. Tidak hanya transaksi pembelian dan penjualan tetapi juga melingkupi keselurunan kegiatan dan fungsi dari perusahaan tersebut, seperti pertukaran informasi, komunikasi, kolaborasi, riset dan sebagainya.

Ebussiness

E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis.

Tahap E-Business
Ada empat tahap pemanfaatan jaringan komputer dan Internet untuk tujuan e-business, di mana terjadi transformasi perusahaan tradisional ke e-business. Empat tahapan itu adalah sebagai berikut:

1.Tahap Pertama

> Mendayagunakan komputer : Komputer menawarkan berbagai keuntungan bagi sebuah bisnis yaitu banyak dana dan waktu yang dapat dihemat, dan meningkatkan produktivitas. Kita dapat menyusun laporan keuangan, membuat daftar persediaan bahkan membuat materi perusahaan.

2.Tahap Kedua

> Mendayagunakan jaringan dan internet : Apa yang ditawarkan jaringan komputer dan internet bagi sebuah bisnis? Meningkatkan kemampuan koordinat dan komunikasi, baik itu internal maupun eksternal, yang pada akhirnya dapat diterapkan untuk meningkatkan produktivitas. Untuk kepentingan tersebut kita dapat memanfaatkan e-mail, IRC maupun mailing list.

3.Tahap Ketiga

> Membangun dan mendayagunakan web : Web menawarkan informasi selama 24 jam. 7 hari dalam seminggu. Anda dapat berbagi informasi dengan pelanggan sekaligus menjaring pelanggan baru.

4.Tahap Keempat

> E – commerce :Pada tahap ini, perusahaan telah mempersiapkan dan membangun fasilitas transaksi online baik dengan pelanggan maupun dengan para supplier atau dengan pihak lain yang berkepentingan dengan

Kelompok E-Business

1.Customer Relationship Management (CRM) = Strategi bisnis dari layanan dan sofware yang didesain untuk meningkatkan keuntungan , pendapatan dan kepuasan pelanggan.

2.Enterprise Resource Planning (ERP) = Strategi bisnis dari system informasi perusahaan yang dgunakan untuk koordinasi Sumber daya , informasi yang digunakkan untuk proses bisnis.

3.Enterprise Application Programs (EAI) = Strategi bisnis konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan antar perusahaan saling bertukar data.

4.Supply Chain Management (SCM) = Strategi Manajemen rantai suplai yang secara otomatis terkomputerisasi.

Sasaran E-business
Sasaran dari e-business adalah pasar secara elektronis atau sering disebut market. Menurut Forrester Research, telah terjadi perkembangan yang sangat fantastis terhadap jumlah komputer yang terhubung dalam Internet, termasuk penggunanya. E – business market ini menyimpan peluang omset yang besar yang dapat diperebutkan oleh para pebisnis.

C. Perbedaan E-Business dengan E-Commerce

Perbedaan yang mendasar antara e-commerce dan e-business adalah bahwa tujuan e-commerce berorientasi pada bagaimana memperoleh keuntungan, sedangkan e-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang dan sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya. Selain dari perbedaan yang dimiliki oleh keduanya, ternyata keduanya juga memiliki persamaan tujuan yaitu memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya.

ecommercevsebusiness

Sumber :

http://mochazmcpower.blogspot.co.id/2012/06/pengertian-dan-konsep-e-business.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik#Model-Model_E-Commerce_di_Indonesia
http://jurnal-sdm.blogspot.co.id/2009/08/e-commerse-definisi-jenis-tujuan.html
https://unindrax1eione.wordpress.com/e-commerce/definisicontoh-dan-dampak-e-commerce/
http://octianaeni.blogspot.co.id/2013/10/definisi-e-business-dan-perbedaannya.html
http://study-ebusiness.blogspot.co.id/2012/09/pengertian-e-business.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s