asss

Desain Pemodelan Grafik : Prinsip dan Unsur Desain

Desain Pemodelan Grafik : Prinsip dan Unsur Desain
A. Prinsip Desain (Principles of Design)

1. Kesederhanaan (Simplicity)
Hal ini sangat logis demi kepentingan kemudahan pembaca memahami isi pesan yang disampaikan. Dalam penggunaan huruf sebuah berita misalnya. Huruf judul (headline), subjudul dan tubuh berita (body text) sebaiknya jangan menggunakan jenis font yang ornamental dan njilimet, seperti huruf blackletter yang sulit dibaca. Desainer grafis lazim juga menyebut prinsip ini sebagai KISS (Keep It Simple Stupid). Prinsip ini bisa diterapkan dengan penggunaan elemen ruang kosong (white space) dan tidak menggunakan terlalu banyak unsur-unsur aksesoris. Seperlunya saja.
“It is quite logical for the sake of convenience of the reader understand the content of the message. In the use of a news letter for instance . Letters the title (headline ) , subtitle and news body ( body text ) you should not use a font type and njilimet ornamental , like the letters are difficult to read blackletter . Graphic designers also commonly refer to this as the KISS principle ( Keep It Simple Stupid ) . This principle can be applied to the use of elements of free space (white space ) and do not use too many elements of accessories . As needed.”

2 .Keseimbangan (Balance)
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Prinsip keseimbangan ada dua, yaitu: keseimbangan formal (simetris) dan keseimbangan informal.
Keseimbangan Formal :
memberikan kesan sempurna, resmi, kokoh, yakin dan bergengsi. Keseimbangan formal juga menyinggung mengenai konsistensi dalam penggunaan berbagai elemen desain.
Keseimbangan Informal :
bermanfaat menghasilkan kesan visual yang dinamis, bebas, lepas, pop, meninggalkan sikap kaku, dan posmodernis.
“Balance is a state or a similarity between the forces facing each other and give rise to the appearance of a balanced visually . The principle of balance there are two , namely : formal balance ( symmetrical ) and informal balance .
Formal balance :
give a perfect impression , formal , solid , confident and prestigious . Formal balance is also touched on consistency in the use of various design elements .
Informal Balance :
useful produce dynamic visual impression , free, loose , pop , leaving a rigid attitude , and postmodernists.”

3. Kesatuan (Unity)
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi. Contohnya adalah ilustrasi, garis dan teks diberi raster sehingga memberikan kesan kesatuan terhadap pesan yang dimaksud.
“Unity is the cohesion , consistency , singleness or wholeness , which is the main content of the composition . An example is illustrated, and the text is given raster lines that give the impression of unity to the message in question.”

4. Penekanan Aksentuasi (Emphasis Accentuation)
Penekanan dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud. Kalau dalam konteks desain surat kabar ini bisa dilakukan dengan memberikan kotak raster atas sebuah berita. Hal ini akan mengesankan pentingnya berita itu untuk dibaca oleh pembaca. Atau juga membesarkan ukuran huruf pada judul berita, sehingga terlihat jauh berbeda dengan berita lainnya. Penekanan juga dilakukan melalui perulangan ukuran, serta kontras antara tekstur, nada warna, garis, ruang, bentuk atau motif.
“Emphasis is meant to draw the reader’s attention , so he wants to see and read the design in question . If in the context of the design of this newspaper can be done by providing raster box on a story . This will impress the importance of the story to be read by the reader . Or also raise the size of the letters in the headline , so it looks much different from other news . Emphasis is also done through the loop sizes , and the contrast between the texture , tone color, line , space , shape or motif.”

5.Irama (Rhythm)
Irama merupakan pengulangan unsur-unsur pendukung karya seni. Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama. Desain grafis mementingkan interval ruang atau kekosongan atau jarak antar obyek. Misalnya jarak antarkolom. Jarak antar teks dengan tepi kertas, jarak antar 10 foto di dalam satu halaman dan lain sebagainya.
“Rhythm is the repetition of elements supporting artwork . Rhythm is the difference between the two lies in the form of space, similar to the time interval between two consecutive music tones of the same. Graphic design is concerned with the interval of space or void or distance between objects . For example, the distance antarkolom . The distance between the edge of the paper with the text , the distance between the 10 pictures on one page , etc.”

6. Proporsi (Propotion)
Proporsi termasuk prinsip dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian. Untuk memperoleh keserasian dalam sebuah karya diperlukan perbandingan – perbandingan yang tepat. Pada dasarnya proporsi adalah perbandingan matematis dalam sebuah bidang. Proporsi Agung (The Golden Mean) adalah proporsi yang paling populer dan dipakai hingga saat ini dalam karya seni rupa hingga karya arsitektur. Proporsi ini menggunakan deret bilangan Fibonacci yang mempunyai perbandingan 1:1,618, sering juga dipakai 8 : 13. Konon proporsi ini adalah perbandingan yang ditemukan di benda-benda alam termasuk struktur ukuran tubuh manusia sehingga dianggap proporsi yang diturunkan oleh Tuhan sendiri. Dalam bidang desain proporsi ini dapat kita lihat dalam perbandingan ukuran kertas dan layout halaman.
“The proportion of procedures including basic principles as to obtain harmony . To obtain the necessary harmony in a work of comparison – the proper comparison . Basically, the proportion is a mathematical comparison within a field. Divine Proportion ( The Golden Mean ) is the proportion of the most popular and used today in the works of art to architectural works . This proportion using the Fibonacci sequence of numbers that have a ratio of 1 : 1,618 , is often also used 8 : 13. It is said that this proportion is the ratio found in natural objects , including the human body so that the size of the structure is considered proportions revealed by God himself . In the field of the design of this proportion can be seen in a comparison of paper sizes and page layouts.”

B. Unsur Desain Grafis (Elements of graphic design)

1. Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain. Di dalam duni a komunikasi visual seringkali kita menggunakan dotted line, solid line, dan garis putus-putus.
“A line is a design element that connects the points points points points with others so they can form images of curved lines ( curve) or straight ( straight ) . The line is a basic element for building design or construction forms . In duni a visual communication we often use a dotted line , solid line , and dashed lines.”

2. Bentuk (Shape)
Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle).
“Shape is everything that has a high diameter and width . The basic form of a known person is a box ( rectangle ) , circle ( circle ) , and triangle ( triangle ).”

3. Tekstur (Texture)
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu, cat dinding, cat canvas, dan lain sebagainya.
“Texture is the surface appearance ( pattern ) of an object that can be assessed by means of visible or palpable. That in practice , the texture is often categorized as a pattern of an object ‘s surface , such as carpet surfaces , clothing , bark , paint the walls , paint canvas , and so forth.”

4. Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).
“Space is the distance between a shape with other shapes , the elements of design practices can be used to give effect to the design aesthetics and dynamics of graphic design . In identifying the physical form of space is classified into two elements , namely the object ( figure ) and the background (background ).”

5. Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Dengan menggunakan unsur ini Anda dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.
“Size is another element in a design that defines the size of an object . By using these elements you can create contrast and emphasis (emphasis ) on the object of your design so that people will know which one will see or read first.”

6. Warna (Color)
Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas.
“Color is an important element in the design of objects . Because color can show the identity of the person , to convey the message or distinguish the nature of the forms of visual forms clearly.”

Daftar Software Desain Grafis Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:

Desktop publishing
Adobe Photoshop
Adobe Illustrator
Adobe Indesign
Page Maker
Coreldraw
GIMP
Inkscape
Adobe Freehand
Adobe image ready
CorelDraw
Webdesign
Macromedia Dreamweaver
Microsoft Frontpage
Notepad
Adobe Photoshop
Audiovisual
Adobe After Effect
Adobe Premier
Final Cut
Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
Ulead Video Studio
Magic Movie Edit Pro
Power Director
Rendering 3 Dimensi
3D StudioMax
Maya
AutoCad
Google SketchUp

Sumber (Source)
http://sayamanusia-kukubima.blogspot.com/2013/11/desain-pemodelan-grafik.html
http://upamy.blogspot.com/2010/02/disain-pemodelan-grafik.html
http://ariyantidwiastuti.blogspot.com/search?updated-max=2014-10-20T10:08:00-07:00&max-results=7

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s