Activate-en-la-web-analitica-web-620x465

Analisis Web

A. DEFINISI
Analisis Web adalah pengukuran, pengumpulan, analisis dan pelaporan data internet untuk tujuan memahami dan mengoptimalkan penggunaan web. Metodologi adalah cara-cara yang digunakan oleh seseorang secara rutin dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Jadi Metodologi Analisis Web adalah cara yang digunakan untuk mengoptimalkan sebuah web dengan melakukan pengumpulan serta pengukuran data pada internet. 
 
Metodologi paling klasik terdiri dari 5 fase yaitu :

  1. Fase requirement. mencari tahu apa yang dibutuhkan, tujuan dari suatu proyek pengembangan aplikasi, dan seperti apa hasil yang diinginkan.
  2. Fase analisa. memutuskan seperti apa aplikasi yang ingin dibuat, feature apa saja yang diperlukan, masalah yang kemungkinan dihadapi, apa saja yang diperlukan dalam proses pengembangan, dsb.
  3. Fase perancangan. membuat rencana atau rancangan mengenai aplikasi yang akan dibuat berdasarkan hasil analisa sebelumnya. 
  4. Fase pengembangan. tahapan implementasi hasil dari analisa dan perancangan. Pada tahapan ini juga dilakukan pengujian terhadap suatu fungsi apakah telah berjalan sesuai yang diinginkan.
  5. Fase installasi. setelah memastikan bahwa semua fungsi telah berjalan baik dan telah memenuhi kriteria yang diinginkan pada fase requirement maka aplikasi akan si setup pada server atau komputer yang akan digunakan untuk menjalankan aplikasi ini.

 

Sedangkan kriteria metodologi untuk sebuah web berdasarkan analisis web adalah:
  1. Loading halaman cepat
  2. Warna latar belakang tidak bertabrakan dengan warna teks dan ukuran font tidak terlalu kecil.
  3. Tombol dan bar navigasi mudah dipahami penggunaannya
  4. setidaknya paling sedikit menggunakan gambar dan beri keterangan pada gambar tersebut.
B. TOOLS-TOOLS PENGUKUR ANALISIS WEB
  • SEO (Search Engine Optimization) 
mengoptimalkan sebuah blog/web dengan memanfaatkan mesin pencari dan mendapatkan peringkat yang tinggi di halaman pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword agar dibanjiri pengunjung yang datang dari search engine.
 
  • GTmetrix 
merupakan sebuah situs dimana kita dapat mengetahui berbagai hal yang membuat blog/web kita lambat dan performa blog/web ketika akses, tersedia secara gratis dengan mengunakan yahoo Yslow dan Google page speed sebagai mesin penganalisa dan menampilkan hasil juga rekomendasi yang harus dilakukan.
 
  • Keynote Internet Testing Environment (KITE)
Alat pengujian dan pengukur berbasis desktop yang digunakan untuk merekam atau mengedittransaksi web dan menganalis kinerja dari aplikasi web. KITE sangat mudah untuk digunakan dan sebagai salah satu alat yang sudah cukup terkenal didunia.   
 
  • CloudStatus 
Alat pengukur web yang berfungsi menelusuri kinerja utama dari layanan-layanan cloud computing. CloudStatus terdiri dari 5 layanan dasar yang itawarkan oleh amazon, dan memiliki kemampuan monitoring yang lebih baik.
 
  • Jiffy
Cara kerja jiffy adalah dengan memasukan kode jiffy ke dalam halamanhalaman web yang akan di telusuri. Dengan jiffy kita dapat mengukur page rendering imes, melaporkan hasil pengukuran dari web server, aggregate log into database, dan embuat laporan-laporan.

C. 10 ANALISIS TERBAIK UNTUK MENGANALISA DAN OPTIMASI WEBSITE / BLOG

 

JAWSTATS 

Jika Anda pernah menggunakan Awstats, Anda pasti tidak akan asing dengan JAWStats juga. JAWStats dipadukan bersama dengan Awstats akan menghasilkan grafis lebih baik dari Awstats

GOINGUP! 

Goingup! satu alat statistik website yang  menawarkan berbagai jenis data statistik, yang menarik secara visual. Sebagian besar dari fungsi goingup! terkait anlisa SEO.

CLICKY 

Clicky juga memiliki banyak fitur yang berbeda karena sebagai alat analisis situs web yang dapat diakses dari iPhone.

GOOGLE ANALYTICS

Google Analytics merupakan salah satu alat analisa yang terbaik karena itu benar-benar hasilnya komprehensif, yang akan memberikan data detail yang berguna untuk situs Anda

W3COUNTER 

W3Counter adalah alat analisa gratis sebagai situs solusi analisis host untuk menjawab pertanyaan kunci tentang situs web Anda: siapa audiens Anda, bagaimana mereka menemukan situs Anda, dan apa kepentingan mereka mengakses situs anda

WOOPRA 

Woopra adalah paket website yang sangat baik hasil analisisnya. Woopra memiliki banyak, banyak fitur bagi para webmaster, Woopra, hampir sama dengan Google Analytics, sebagai alat analisis situs yang paling komprehensif.

W3PERL 

W3Perl dapat digunakan untuk file log server atau digunakan sebagai alat penandaan halaman.cara kerjanya dengan Script perl untuk menganalisis file log dan menghasilkan laporan HTML / PDF. Hal ini dapat dijalankan dari baris perintah atau dari antarmuka pada web

PIWIK 

Piwik memiliki semua fitur yang dapat Anda harapkan dari aplikasi analisis. Keuntungan utama adalah bahwa fitur-fiturnya datang dalam bentuk plugin, yang berarti Anda dapat memilih fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.

TRACEWATCH 

TraceWatch memungkinkan Anda melacak pengunjung ke website Anda secara real time dengan statistik rinci dan analisis mendalam menggunakan user interface yang inovatif. TraceWatch merupakan layanan GRATIS dan membantu Anda membuat website Anda lebih efektif. Hal ini dapat dengan mudah diinstal pada setiap situs web yang mendukung PHP dan MySQL.

Anda hanya perlu meng-upload beberapa file ke server Anda.

SNOOP 

Tidak seperti kebanyakan alat-alat analisa sebelumnya diatas, yang baik digunakan pada server. Snoopharus  diinstal pada host Web Anda, Snoop adalah aplikasi desktop. Snoop memiliki versi Windows dan Mac dan setelah Anda menginstalnya, itu berjalan di komputer Anda dan Anda akan mendapatkan pemberitahuan jika sebuah peristiwa penting terjadi di situs Anda.

Sumber :

  1. http://www.m-edukasi.web.id/2012/05/10-analisis-situs-web-blog-terbaik.html
  2. http://aisyahasmoro.blogspot.com/2013/05/analisis-web.html

Kelas : 2IA19

Anggota Kelompok :

  • Ariyanti Dwiastuti (51412158)
  • Bagus Nugroho (51412345)
  • Derryansyah Pratama (51412875)
  • Fanny Syifa Maulida (52412751)
  • Mochamad Yogi (54412649)
  • Tantan Adriyanto (57412291)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s