ecommerce_banner

Penggunaan Teknologi Informasi dalam Hal Penjualan dan Perdagangan yang berbasis Internet

TEORI

Penggunaan Teknologi Informasi dalam Hal Penjualan dan Perdagangan yang berbasis Internet

Penjualan adalan suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba (Anonim1).

Era perkembangan teknologi yang semakin pesat dewasa ini membuat persaingan bisnis dalam bidang apapun menjadi lebih variatif. Banyak metode bisnis   yang   dilakukan   oleh   sebuah   perusahaan   untuk   menarik   pelanggan sebanyak-banyaknya. Mulai dari memberikan bonus, memasang iklan, membagikan  brosur, dan pemesanan produk dan jasa melalui media elektronik seperti Internet.

Memasuki era globalisasi ini, banyak perusahaan yang menggunakan sistem penjualan online untuk mempermudah dalam pemesanan barang yang ditawarkan.   Pembeli dapat melihat tampilan gambar dan rincian barang tanpa harus datang ke tempat penjual.

E-commerce  pada  dasarnya  merupakan  suatu  kontak  transaksi perdagangan antara penjual dan pembeli dengan teknologi Internet. Jadi, sebagian proses dikomunikasikan dengan Internet.

E-commerce   secara   umum   dapat   dibagi   menjadi   3   kategori   yaitu:

1.   Electronic markets

Electronic markets merupakan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk menampilkan berbagai penawaran yang tersedia dalam segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan harga (dan atribut lainnya) dari berbagai penawaran yang ada dan membuat keputusan. Contoh umum dari electronic markets ialah sistem pemesanan tiket pesawat terbang.

2.   EDI (Electronic Data Interchange)

EDI menyediakan sistem standar untuk pengkodean transaksi perdagangan sehingga  mereka dapat dikomunikasikan secara langsung dari satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya tanpa membutuhkan perintah tertulis, tagihan, penundaan dan kesalahan dalam penanganan media kertas. EDI digunakan oleh organisasi yang memakai  transaksi  biasa  dalam  jumlah  besar.  Salah  satu  sektor  dimana  EDI digunakan secara ekstensif adalah pertukaran di dalam supermarket yang menggunakan EDI untuk bertransaksi dengan supplier mereka.

3.   Internet commerce

Teknologi komunikasi dan informasi juga dapat digunakan untuk periklanan dan membuat satu kali penjualan dalam daerah produk dan jasa yang besar. E-commerce jenis ini dilambangkan dengan pemakaian Internet secara komersial. Internet dapat digunakan untuk pembelian buku yang dapat dikirimkan melalui pos atau pemesanan tiket yang dapat dilakukan oleh klien kapan saja mereka inginkan. Hal ini dapat  ditandai dengan Internet bukan sebagai satu-satunya teknologi yang digunakan untuk pelayanan jenis ini dan ini bukan satu-satunya kegunaan Internet dalam e-commerce.

KASUS

Berdasarkan banyaknya minat para konsumen dari berbagai para penjuru dunia akan suatu kebutuhan hidup seperti pakaian, peralatan elektronik, peralatan rumah tangga dan sebagainya. Maka banyak bermunculan akan situs-situs penjualan online yang menyediakan pembelian menjadi lebih mudah dan singkat.sehingga saya ingin membandingkan akan dua situs penjualan terbesar yakni seperti eBay dan Amazon yang keduanya sangat popular padti di telinga kita semua.


ANALISIS

·  eBay

eBay adalah ajang pasar online dunia™ – tempat bagi pembeli dan penjual berhimpun dan berdagang apa saja. Diluncurkan tahun 1995, eBay diawali sebagai tempat untuk berdagang barang koleksi dan barang yang sulit ditemukan. Sejak itu, eBay telah berkembang menjadi ajang pasar tempat Anda dapat menemukan segala sesuatu, dari ponsel dan DVD hingga pakaian, barang koleksi dan mobil.

Dengan daftar barang sebanyak 103,6 juta di seluruh dunia dan penambahan daftar barang sebanyak 6,1 juta yang dilakukan setiap hari, eBay menawarkan kesempatan yang tidak terhingga bagi semua orang untuk membeli dan menjual di seluruh dunia.

Bayangkan ajang pasar yang menjajakan barang bernilai lebih dari US$1.840 yang diperdagangkan setiap detik, dan Anda dapat menjangkau 241 juta pembeli di seluruh dunia. Jika 1,3 juta penjual di seluruh dunia dapat memperoleh penghasilan untuk biaya hidup dari menjual di eBay, Anda juga bisa! (Sumber: AC Nielsen International Research, Juni 2006)

Apa pun yang ingin dilakukan, memulai bisnis online baru, meluaskan bisnis, atau eksportir yang sedang mencari untuk menjual barang melalui saluran lain, eBay menawarkan:

  • Arena perdagangan untuk penjual baru maupun yang berpengalaman
  • Rintangan entri yang rendah dan biaya memulai yang minimal
  • Akses mudah ke 38 pasar internasional dengan biaya operasi yang rendah

Kekuatan

  1. Siapapun dapat berdagang di eBay, di manapun, kapan saja.
  2. Mulailah segera menjual setelah proses pendaftaran yang mudah
  3. Tidak ada biaya keanggotaan di muka atau yang tersembunyi
  4. Sumber daya seperti Pusat Keamanan, Program sistem Umpan-balik dan Perlindungan Pembeli dari eBay dan PayPal mengurangi risiko kecurangan online dan meningkatkan kepercayaan di antara para pembeli dan penjual.

Bagaimana cara kerja eBay?  

Anda tidak perlu mendaftar untuk melihat barang yang tersedia di eBay, tetapi Anda harus mendaftar jika ingin membeli atau menjual. Di manapun Anda mendaftar, apakah pada eBay.com, atau situs internasional lainnya – ID Pengguna eBay berfungsi pada setiap situs eBay. Beginilah cara kerjanya:

 

·   Amazon.com

Amazon.com, Inc. (NASDAQ: AMZN) adalah sebuah perusahaan perdagangan elektronik multinasional yang berkantor pusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Amazon adalah pengecer daring terbesar di dunia. Perusahaan ini juga memproduksi barang elektronik konsumen—termasuk pembaca buku elektronik Amazon Kindle dan komputer tablet Kindle Fire—dan merupakan salah satu penyedia jasa komputasi awan besar.

Amazon memiliki beberapa situs web ritel untuk Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya, Perancis, Jerman, Italia, Spanyol, Jepang, dan Cina, dengan pengiriman internasional sebagian produknya ke negara-negara lain. Amazon juga akan meluncurkan situs web terpisah di Polandia, Brasil, Belanda dan Swedia.

Jeff Bezos mendirikan perusahaan ini (dengan nama Cadabra) pada bulan Juli 1994 dan situsnya mengudara dengan nama amazon.com tahun 1995. Perusahaan ini diberi nama sesuai Sungai Amazon, salah satu sungai terbesar di dunia, yang juga diberi nama setelah Amazon, bangsa prajurit wanita legendaris dalam mitologi Yunani. Amazon.com berawal sebagai toko buku daring, lalu menjadi penjual DVD, CD, MP3, perangkat lunak, permainan video, barang elektronik, perlengkapan, furnitur, makanan, mainan, dan perhiasan.

Secara mendetail dapat dilihat perbedaan dan persamaan keduanya :
•  Persamaan antara kedua webshop tersebut dilihat dari :
1. Waktu loading yang cepat
2. Ketersediaan informasi yang jelas
Kedua webshop tersebut sama-sama menyediakan informasi yang jelas pada halaman web mengenai isi web (yang merupakan webshop). Keduanya menyediakan link yang menuju halaman-halaman lain pada web yang berkaitan dengan barang yang diinginkan pengunjung.
3. Desain dengan struktur yang tepat
Keduanya memiliki header, footer, menu navigasi dan blok iklan dan struktur tersebut sama pada setiap halaman sehingga tidak membingungkan pengguna dengan tampilan yang berubah-ubah. Keduanya menerapkan sebuah desain terstruktur dan informatif serta memberikan kemudahan pada setiap pengunjung untuk mengeksplorasi masing-masing web.

• Perbedaan keduanya terletak pada :
1. Tampilan web
Masing-masing membuat sebuah user interface yang sesuai dengan karakteristiknya.
2. Barang yang ditawarkan
Berbeda dengan Amazon.com, eBay.com juga menawarkan produk dalam bentuk jasa, dan juga barang-barang yang dijual kembali oleh pemiliknya.
3. Kegiatan di dalamnya
Ebay.com menyediakan sistem lelang barang bagi para pengguna, sedangkan Amazon.com tidak.
4. Pengelolaan transaksi
EBay.com menggunakan akun PayPal untuk melakukan pengelolaan transaksi, sedangkan Amazon.com mengelola segala transaksi sendiri.

REFERENSI

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s